25
Nov
11

10 luka bumi paling menakjupkan karya manusia

Sobatsepeda, seperti kita lihat lubang-lubang hasil karya manusia dipermukaan bumi sebagai sarana eksplorasi mineral yang terkandung didalamnya,Tak jarang menggunakan Ledakan dinamit atau tenaga mesin penggaruk yang berukuran raksasa yang terus menggali permukaan bumi bagaikan garukan kuku pada kulit yang sedang menderita kudis, yang mungking tampak seperti sebuah keajaiban alam tetapi kalau kita pertimbangkan dampaknya lebih jauh akan menimbulkan efek yang kurang menyenangkan yang harus diderita oleh permukaan bumi ini, mudah-mudahan alam memaafkan tangan jahil kita. Bumi ini terus terkepung dengan luka-luka berukuran raksasa yang lambatlaun semakin lebar dan mendalam , semakin lama semakin bertambah dengan jumlah dan kapasitas semakin bertambah pula. inilah hasil penjelajahan kami yang berkelanjutan ditengah penjarahan sumberdaya alam yang masih berlangsung . kami telh memilih 10 lubang yang paling pantas dikategorokan sebagai yang perlu mendapat perhatian karena mungkin akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk rehabilitasi atau mungkin mereka tidak pernah memikirkannya sama sekali(wicak) .

10. Kalgoorlie Super Pit

Kalgoorlie Super Pit setidaknya nama itulah yang tertulis pada sebuh papan nama yang terbuat dari kaleng tang tertancap disekitar area tersebut, pertama kali ditemukan seseorang berkebangsaan Irlandia yang bernama Paddy Hannan yang pernah melihat butiran emas disana dan kembali lagi pada tahun 1893, Dan seperti kita lihat hasilnya sekarang telah menjadi sebuah tambang terbuka terbesar di Australia yang letaknya dibagian barat sepanjang 3,5 kilometer ,lebar 1,5 kilometer dan kedalaman 360 meter . ini sangatlah besar dan terus tumbuh dan berkembang yang pasti semakin dalam dan lebar setidaknya hingga tahun 2017 yang diperkirakan akan habis masa produktif dan habis(wicak).

Seperti terlihat diatas hampir melahap kota sekitarnya : inilah The Super Pit, Kalgoorlie

Sementara sedang digalakkan sebuah daya tarik Lubang hitam sebagai tujuan wisata yang diharapkan mengunggulkan sisi baik untuk kesenangan, isu tentang polusi udara , pencemaran  air, kebisingan , getaran dan limbah pertambangan lainnya sangat bertentangan dengan kondisi penduduk lokal. Namun , selain menimbulkan batuk dan sesak nafas juga menghasilkan emas hampir 30 ton pertahunnya , lubang galian ini telah menyerap tenaga kerja sekitar 550 orang(wicak).

9. The Big Hole, di Afrika selatan

lubang galian terbuka yang terkenal dengan nama daun sebagai hasil sedikit imajinasi mereka, lubang besar di Kimberly , Afrika selatan, dan inilah yang bisa kami katakan sebagai lubang terbesar yang benar-benar dikerjakan dan digali oleh tangan manusia. meski klaim ini sempat diragukan karena masih ada tambang disebelahnya yang bernama  Jagersfontein yang juga sebuah lubang pertambangan yang sempat meragukan judul diatas. Ketika ditutup pada tahun 1914, selama 43 tahun atau sepanjang umur , 50000 pekerja disana menghabiskan waktu dengan beliun dan sekop bekerja banting tulang untuk memindahkan 22,5 ton permukaan bumi, unuk menhasilkan 3 ton berlian untuk menyenangkan Bos mereka , yang duduk dibelakan meja  de Beer brothers(wicak).

Terisi air inilah sebuah luka permukaan bumi : Sebuah lubang besar, Kimberley

Lubang besar ini selebar 463 meter dan telah digali sedalam 240 meter , meski telah terisi air sehinggga hanya 175 meter yang terlihat. setelah melampaui masa kejayaan dan ditinggalakan sebuah upaya pemulihan kota tua sedang digalakkan (wicak).

8. Pertambangan permata Diavik

Pertambangan permata Diavik Diamond yang terletak disebuah tempat yang menarik di Canada yang dinamakan North Slave Region  (ataukah lokasi budak bagian utara ?…) mudah-nudahan ini bukan pencerminan apa yang telah dialami 700 pekerja disana diperlakukan. Lubang ini merupakan salah satu tambang terbuka seperti tetapi berbeda dengan yang lain , seperti mencongkel sebuah pulau seluas 20 km persegi, tepatnya sekitar 220 km dari lingkaran Artic, Terlihat mengagan mirip sebuah rahang , seperti terlihat dibawah pada saat dikelilingi permukaan es  pada saat kondoisi cuaca dingin dan membeku(wicak).

Lubang salju: Lubang pertambangan  Diavik yang sedang dikelilingi es

Terhubung dengan jalur es yang cukup berbahaya , lokasi pertambangan yang terpencil ini memiliki hasil pertambangan yang tidak sedikit hingga memiliki sebuah air port yang cukup besar sehingga dapat menampung  pesawat yang berukuran cukup besar sekelas Boeing 747 . dengan usia 16 sampai 22 tahun, sang pemilik akan sangat senang sejauh ini telah memuntahakan sekitar 8 juta karat (1600 kg) permata pertahun(wicak).

7. Pertambangan permata Ekati , Canada

Yang merupakan kawah raksasa yang lain dibelahan bumi Canada , pertambangan permata Ekati yang berada dibagian utara benua Amerika yang merupakan pertambangan permata komersial pertama , pertama dibuka 1998, sebagai efek demam permata sehingga penggalian terus digenjot dan tanpa ragu digali bagaikan tiada akhir. Sebenarnya hanya berjarak selemparan batu dari pertambangan permata Diavic sekitar 20 km saja dengan arah lebih dekat dengan lingkaran Artic – karena sangat dinginnya hingga orang mengatakan disanalah tempat pinguin lagi backpacking(wicak).

Tertutup lapisan es: pertambangan Ekati sedang membeku dalam temperatur musim dingin 

Seperti halnya pertambangan Diavic , pertambangan Ekati juga diakses melalui jalus melingkar labirint yang mereka sebut sebagai hair-raising yang hampir selalu ditutupi lapisan es perlu waktu sekitar 15 menit untuk melaluinya seperti yang pernah ditayangkan pada program televisi The History Channel’s Ice Road Truckers,  Yang menampilkan seorang pengemudi truck yang bergelar Darned crazy canucks? yang menyopir dengan gila karena pada saat itu mengangkut sekitar 40 juta karat lebih atau sekitar (8000 kg) permata melewati jalan itu dengan sangat stabil yang merupakan hasil tambang disana(wicak).

6. Lubang pertambangan Grasberg , Indonesia

Dibuka pada tahun 1973, pertambangan Grasberg ini adalah pertambangan Emas terbesar di dunia serta penghasil tembaga terbesar ke 3 didunia. Seperti kita lihat diatas cukup merusak pemandangan dan keseimbangan alam disana , mempekerjakan 19500 karyawan , dengan saham mayoritas dimiliki perusahaan yang berbasis di Amerika . Akan tetapi masih diragukan masalah perijinannya oleh pemerintah Indonesia apalagi rakyatnya , pernah diserang oleh  OPM atau gerakan papua merdeka pada tahun 1977.

Photo antariksa yang kami dapat: yang dikirimkan oleh seorang Astronaut diatas langit pertambangan Grasberg 

Hari ini ,terlihat semakin curam sebagai jalur melingkar yang biasanya dilalui truk penambangang dan masyarakat keluar masuk disana . Pada tahun 2006 , telah memuntahakan lebih dari 610800 ton tembaga dan 58 ton emas , dengan penggalian yang cukup mudah untuk merusak ekosistem disana serta berbagai ketimpangan alam yang ada disekitar sana, kontaminasi air serta longsornya tanah pertambangan masih menjadi perhatian disana , dan masih diperdebatkan cukup sengit akan tetapi penggalian tetap berlangsung hingga saat ini(wicak).

5. Pertambangan Chuquicamata, Chile

Chuquicamata yang berada Chile ini adalah sebuah lubang tambang berukuran raksasa yang masih dalam gejolak dan telah menghasilkan total 29 juta ton tembaga. Meski telah digali selama lebih dari 100 tahun dengan eksplorasi yang cukup intensif, lubang ini masih bisa disebut sebagai penghasil tembaga terbesar yang pernah ada , dan klubang terbesar yang ada sepanjang 43 kilometer , dengan lebar sekitar 3 kilometer serta kedalaman lebih dari 850 meter(wicak) .

Pemandangan yang cukup indah namun aneh : lubang pertambangan Chuquicamata terlihat dari permukaan udara diatasnya

Penambangan tembaga telah dilakukan pada galian Chuquicamata selama berabad-abad lamanya ,telah ditunjukkan pada sebuah penemuan pada tahun 1898 atas sebuah Mumy yang tertanggal 550 masehi yang ditemukan terjebak didalam sebuah terowongan pertambangan kuno oleh sebuah yayasan yang bernama Cave-in. Masuknya penambangan besar bagaikan tersedot medan magnet demam pertambangan emas merah yang dimulai setelah berakhirnya perang pasifik, pada saat itu sempat diwarnai berbagai perkemahan penambang , terkenal dengan bebas aturan seperti minuman beralkohol , perjudian , prostitusi bahkan pembunuhan yang cukup marak(wicak).

4. Pertambangan Escondida, Chile

pertambangan ini milik sebuah perusahaan yang bernama The Minera Escondida Mining Co. Berjalan seiring pembukaan penggalian pertambangan kembar yang membuat negara Chile sebagai ibukota tembaga terbesar didunia. Dibangun mulai tahun 1990 , dan pertambangan ini mengambil alih dominasi pertambangan tembaga sebagai penghasil tembaga terbesar tahunan didunia , pada tahun 2007 saja telah menghasilkan 1,48 juta ton dan menghasilkan keuntungan lebih dari  $10,12 miliar dolar amerika – yang semuanya dalam bentuk dollar Amerika yang sangat buanyak (wicak).

Lubang pertambangan Escondida terlihat dari langit: Terlihat pada bagian bawah gambar

Dampak lingkungan atau efek samping , Pertambangan Escodida telah menjadi sebuah kunci penggerak ekonomi masyarakat Chile dengan mempekerjakan sekitar 2951 orang secara langsung. Sebuah serangan yang terjadi pada tahun 2006 yang disebabkan para pekerja mulai merasa pembagian keuntungan yang mereka terima tidak sebanding dengan keuntungan yang sangat tinggi dari hasil penjualan tembaga yang terus melambung.Setelah perdebatan yang sengit tentang pembayaran tuntutan tersebut ,  serikat pekerja secara singkat langsung memblokade jalan menuju pertambangan (wicak) .

3. Pertambangan permata Udachnaya , Russia

Seperti penggalian di  Sarlacc yang terletak pada Steroids, pertambangan Udachnaya yang berada di Russia ini merupakan sebuah galian pertambangan terbuka yang berukuran raksasa – sebagai lubang penambangan permata sedalam lebih dari 600 meter yang melubangi kerak bumi . seperti yang anda lihat sebuah lubang yang cukup besar dan dalam . Terletak pada sebuah negara bagian Russia yang terletak pada Republik  Sakha dengan populasi penduduk yang sangat jarang, yang terletak diluar limngkaran kutup utara atau samudera Artic.  inilah lubang pertambangan batu permata dengan harga yang cukup mahal yang selalu digenjot produksinya untuk memenuhi permintaan pasar serta keserakahan finansial pemilikinya(wicak).

terlihat sebuah kedalaman : lubang pertambangan  Udachnanyay terlihat dari sisi bagian selatan

Setelah ditemukannya kandungan permata di tempat itu yang akhirnya dinamakan  Udachnanyay , telah ditemukan pada tahun 1955 hanya sehari setelah peresmian pertambangan Mirny (liputan dibawah).Pipa pertambangan Udachnaya  dikendalikan oleh Alrosa , sebuah perusahaan permata terbesar di Russia. yang akan mengehntikan operasional tambang terbuka dan mendukung pertambangan bawah tanah pada tahun 2010, terdengar sedikit menyenangkan (wicak).

2. Pertambangan permata Mirny , Russia

Berada di sebuah kota yang bernama Siberia yang terkenal dengan Mir Diamond Mine yang hadir dengan pembangian kue dalam numero holie. Merupakan lubang tambang berlian terbuka yang terbesar didunia, terkenal juga dengan nama monster Russia memiliki lubang permukaan berdiameter 1,2 km serta kedlaman 525 meter. saking besarnya lubang sehingga membuat arus angin seakan tersedot kedalamnya menumbulkan efek downdraft yang bisa menimbulkan sebuah helikopter bisa tersedot kedalam lubang kemudian tabrakan. Yang sangat terkenal sebagai no fly zone disekitar lubang ini (wicak) .

Pusaran bumi : Lubang Mir terlihat seolah-olah bisa menyedot rumah serta helikopter

Setelah ditemukannya pada tahun 1955 , para pekerja di Mir harus mengatasi keadaan suhu yang cukup dingin dan kondisi yang sangat keras serta beku serta hal-hal yang lain dimusim dingin yang bisa menghancurkan ban serta logam. Dan dihentikan masa operasionalnya pada tahun 2001 , telah memproduksi 10 juta karat (2 ton ) permata pertahun pada puncaknya , setidaknya itulah yang tercatap dari sumber survey kami : ka-bling. kabar baiknya telah direncanakan untuk reklamasi lubang tersebut dengan sebuah gedung enkapsulasi(wicak).

1. Bingham Canyon Mine, USA

Jadi inilah yang mereka sebut sebagai he carbuncle supremo, sebuah pertambangan Bingham Canyon yang berada di sebuah negara bagaian Amerika yang bernama Utah. yang merupakan lubang pertambangan terbesar didunia buatan manusia . Berbentuk lubang raksasa dengan lebar 4 kilometer dan tetesan lilit perus sedalam 1,2 kilometer kedalam permukaan tanah. Mulai diextraksi pada tahun 1863. yang telah mencatat hasil pertambangan lebih dari 17 juta ton tembaga serta 715 ton emas -sebuah beban mental dari pertambangan logam(wicak).

masih yang terbesart: pertambangan Bingham Canyon Mine terbaring menelanjangi permukaan bumi

pada permulaan tahun 1900-an kamp-kamp pertambangan berbaris menjajar sepanjang dinding ngarai yang cukup terjal , akan tetapi beberapa dari mereka harus tersingkir dikarenakan perkembangan pertambangan. pada masa sekarang telah memperkerjakan 1400 pekerja serta menghasilkan 50000 ton material yang harus dipindahkan setiap harinya . Apa lagi?, lubang raksasa luka bumi ini serta sejarah landmark nasional terus berkembang- dan akan berlanjut setidaknya sampai tahun 2013 (wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/11/25/10-luka-bumi-paling-menakjupkan-karya-manusia/

Iklan

37 Responses to “10 luka bumi paling menakjupkan karya manusia”


  1. 11/26/2011 pukul 04:00

    I like Ice Road Truckers, but I prefer it when they drive trucks on ice roads. This is Suicidal Indian Road Truckers.

  2. 11/26/2011 pukul 15:09

    Serba salah dan serba bingung, kita menbenci perusakan, tapi banyak yang menyukai perusakan, so kita harus bagaimana ??

  3. 11/26/2011 pukul 15:09

    bumi benar-benar menahan sakit ya …

  4. 11/26/2011 pukul 15:51

    mungkin kah lubang-lubang itu di tutup..?

  5. 01/31/2012 pukul 13:21

    oh my god fantastic publish admin will test your webpage often

  6. 02/01/2012 pukul 03:33

    I’m not sure where you are getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for fantastic information I was looking for this information for my mission.

  7. 02/02/2012 pukul 05:21

    Hi there, You’ve done a fantastic job. I’ll definitely digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they will be benefited from this site.

  8. 02/02/2012 pukul 06:48

    Fantastic goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too excellent. I really like what you have acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it sensible. I cant wait to read far more from you. This is really a terrific site.

  9. 02/02/2012 pukul 07:57

    Heya i am for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you helped me.

  10. 02/02/2012 pukul 08:57

    Simply desire to say your article is as astonishing. The clarity in your post is simply nice and I can assume you’re an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the enjoyable work.

  11. 02/02/2012 pukul 09:13

    Excellent blog here! Also your website loads up fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as quickly as yours lol

  12. 02/02/2012 pukul 09:49

    I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!

  13. 02/02/2012 pukul 10:16

    I like the valuable info you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite sure I will learn many new stuff right here! Best of luck for the next!

  14. 02/02/2012 pukul 22:45

    Good submit admin! i bookmarked your internet blog site. i will look ahead in case you could have an e-mail list including.

  15. 02/03/2012 pukul 00:16

    Great 1 web site owner accomplishment website post good sharings in such a blog continually have enjoyable

  16. 02/03/2012 pukul 01:16

    Excellent post admin! i bookmarked your net web site. i will glimpse ahead in case you may have an e-mail checklist adding.

  17. 02/03/2012 pukul 02:04

    I was curious about your future put up admin genuinely needed this weblog super amazing blog

  18. 02/03/2012 pukul 02:16

    I used to be curious about your up coming put up admin truly wanted this web site super amazing webpage

  19. 02/03/2012 pukul 04:32

    I used to be seeking for this good sharing admin much thanks and have nice blogging bye

  20. 02/06/2012 pukul 11:07

    i cant get how you’ll be able to reveal like this amazing posts admin much thanks

  21. 07/27/2012 pukul 21:29

    don’t make it a habit to make comments on many articles, but this 1 deserves attention. I agree with the data you’ve written so eloquently here. Thank you.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: