20
Nov
11

Beberapa hasil penelitian teknologi pengisian baterai

brother industries unveil vibration powered genera
brother industries mengunkapkan kekuatan getaran sebagai sumber pembangkit tenaga

Sobatsepeda, Apakah yang terjadi sekarang ini ? Siapa yang bisa menyangkal berbagai pembaharuan dalam bidang perangkat yang semakin mempermudah media penyimpanan energi listrik yang sangat diperlukan kelak? Semenjak sesuatu yang sederhana berawal sekitar 210 tahun yang lalu , beterai telah mereka buat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga serta industri sebagai elemen umum sebagai media penyimpanan tenaga. yang didefinisikan sebagai Baterai adalah salah satu perangkat yang dilengkapi dengan sel elektrokimia yang bisa mengkonversi energi kimia yang tersimpan menjadi energi listrik, akan tetapi ini adalah hal yang nyata, baterai diibaratkan sebagai satu-satunya solusi untuk media penyimpanan energi yang sangat kita butuhkan dan sangat kita andalkan . menururt perkiraan pada tahun 2005 saja telah tercatat angka penjualan senilai US$ 48 miliar dalam bidang industri setiap tahunnya, dengan tingkat perkembangan tahunan sekitar 6 % . Diantaranya adalah , baterai  Lithium – ion (dengan effisiensi tingkat tinggi yang sangat ditentukan tingkat densitasnya dan  awet karena sangat lambat penghilangan daya) pada sektor ini menghasilkan omset sekitar US$ 13 miliar pertahunnya , yang melengkapi hampir semua produk konsumer. Yang tentunya akan semakin menjamur hingga US% 44 miliar ditahun 2015, yang dikarenakan hampir setiap aspek kehidupan masyarakat jaman sekarang digerakkan oleh energi listrik yang tersimpan dalam baterai ,bahkan semenjak diperkenalkan kendaraan bertenaga listrik. Akan tetapi seperti kita tahu kapasitas baterai ini akan berkurang atau hilang sama sekali apabila dalam kondisi overcharging, dan hal ini sangatlah penting sebagai pertimbangan keamanan, khususnya pada saat suhu mulai terlalu panas atau overcharged , baterai  Li-Ion akan mengalami pecahnya sel pasta dan energi akan hilang dalam bentuk panas(pelarian thermal ). Selain itu tidak ada aturan yang ketat yang mengatur mengenai pemakaian energi ini dan dampak dari limbah hasil pembuangan baterai tersebut (wicak)   

Trends: 1. Baterai bersumber tenaga panas tubuh  – Fraunhofer Institute:

battery charged from body heat fraunhofer institut

baterai diisi oleh energi panas tubuh hasil penelitian  fraunhofer institut

Seperti pernah kita saksikan dalam filem hollywood yang berjudul The Matrix , serta bentuk baterai manusia yang digambarkan dalam Filem itu. Baiklah , tentunya sekrang ini bukan saatnya berkhayal dan membahas yang lebih nyata dan masuk akal , seperti yang dilakukan para peneliti dari Faunhofer Institute yang memberikan konstribusi mereka melalui sebuah Thermo Electrik generator (TEG) yang bisa menghasilkan daya sebesar 200 millivolt , yang tentunya dengan memanfaatkan energi panas tubuh (dengan bagian tubuh yang spesifik akan menghasilkan panas yang berbeda dengan panas yang mengelilinginya) untuk menghasilkan daya listrik perangkat ringan seperti sebuah ponsel. Dan , dengan dikembangkannya teknologi ini lebih jauh, sebagai pembangkit daya tidak hanya terbatas untuk pengisian daya gadget mungil akan tetapi diharapkan kelak akan mencukupi daya berbagai perangkat yang lebih komplek dalam keguanaan serta ukuran yang tentunya lebih besar lagi (wicak).

2. Baterai yang bisa mengisi sendiri hasil penelitian – Imperial College London:

self powered battery imperial college london

Baterai bersumber tenaga mandiri di laboratorium imperial college london

Apabila agan berfikir tentang konsep yang ditunjukkan pada gambar diatas yang disuguhkan dalamstate-of-the-art, dan mencoba mencernanya . para ilmuwan dari  Imperial College London (ICL)  dalam sebuah kolaborasi industrial dengan beberapa parnerlain seperti Volvo dan Advanced Composites Group,yang merupakan sebuah terobosan yang sangat cerdas , melalui sebuah material yang bisa dibentuk sesuai keinginan tetapi bisa menyimpan dan mengeluarkan energi listrik (yang pastinya jauh lebih hebat dari sebuah baterai konvensional) secara mandiri tanpa memerlukan sedikitpun reaksi kimia. yang terbuat dari komposisi serat karbon dengan resin polymer, dan material ini memiliki sifat yang kokoh namun ringan untuk digunakan sebagai komponen sebuah kendaraan . jadi pada suatu hari nanti , kita bisa memiliki kendaraan bermesin yang dilengkapi energi yang selalu tersimpan dalam material intrinsik mereka, tanpa memerlukan sedikitpun komponen yang namanya baterai apalagi dalam bentuk konvensional(wicak) .

3. Hasil karya Brother Industry’s Baterai bertenaga goncangan :

brother industries unveil vibration powered genera

brother industries memperkenalkan baterai yang bisa membangkitkan energi dari goncangan  

Brother Industries Ltd telah memperkenalkan hasil kerja mereka dengan versi yang telah dikembangkan dari sebuah baterai yang yang bisa diisi ulang melaui energi kinetik dari sebuah getaran. yang dinamakan sebagai  ‘Vibration-powered Generating Battery’ ( saya kira tidak cukup mengejutkan ) , perangkat ini dapat diisi ulnag meski masih berada didalam sebuah remote kontrol  , jadi bisa kita bayangkan dengan hanya mengocok romote kontrol tersebut langsung sekalian mengisi baterai yang masih berada didalamnya. terdapat ukuran AAA dan AA , baterai dilengkapi dengan sebuah generator elektromagnetik induksi serta sebuah kapasitor elektrik double layer yang memiliki kapasitas sekitar 500 mF . yang akan menghasilkan keluaran daya sekitar 10 sampai 180 mW, dan akan mencukupi kebutuhan perangkat listrik berdaya kecil(wicak)

4. Baterai jepang didesain untuk isi ulang melalui energi getaran:

japanese battery invented that makes power from vi

Baterai dijepang telah menemukan pembangkit tenaga dari getaran

Apabila agan tercengan dengan ukuran baterai diatas yang extra mungil(terlihat pada gambar) , Agan pasti akan terkejut dengan kinerja yang disuguhkan oleh perangkat yang dinamakan bantam ini , yang diperkenalkan para peneliti dari Jepang, baterai dapat membangkitkan energi 20 kali lebih kuat melalui getaran dibanding perangkat yang seukurannya, yang dibuat dari komposisi atau campuran anatar besi dengan galium yang mereka sebut galfenol , yang tentunya perangkat ini bekerja dari adanya efek medan magnet yang kemudian dirubahnya menjadi arus listrik. Memiliki densitas energi yang cukup efisien sekitar 22 mW/cm3 , bagian penting dari perangkat ini adalah jangkauan luas penggunaan , dimulai dari membangkitakan energi listrik untuk sebuah kendaraan bertenaga listrik yang kemudian menghasilkan getaran atau pun goncangan saat berkendara sehingga dapat mencukupi kebutuhan listrik sebuah IPod yang pernah angan percaya dan Mp3 player , pada saat jogging di pagi hari sore ataupun malam hari, cukup menjanjikan (wicak).

5. Bisa dipakai , baterai bersumber energi mandiri hasil penelitian  Auckland Bioengineering Institute:

wearable self powered batteries by auckland bioeng

wearable self powered batteries oleh auckland bioeng

Kita telah melihat berbagai alternatif teknologi pengisian baterai baik dari panas tubuh , getaran dan bahkan dari material itu sendiri, akan tetapi yang diperkenalkan olehAuckland Bioengineering Institute’s Biomimetics dari hasil penelitian laboratorium mereka yang telah mengembangkan baterai yang bisa diisi ulang melalui pergerakan otot yang ada ditubuh manusia manusia.Perangkat ini akan dibuat dan bisa digunakan sebaik  dan seringan mungkin serta tidak mencolok. Menurut Thomas McKay, a Ph.D seorang kandidat yang terlibat dalam penelitian generator yang berukuran sangat lembut ini pada sebuah laboratorium Biomimetics(wicak)  :

kami telah mengembangkan generator dengan biaya sangat murah dengan berbagai kombinasi yang tidak pernah diprediksi sebelumnya seperti kelembutan , fleksibilitas serta ringan . Yang merupakan sebuah karakter yang sangat menguntungkan sebagai pengumpul energi dari sumberdaya yang ramah lingkungan yang jauh lebih sederhana dari berbagai sumber daya ramah lingkungan yang sebelumnya ada(wicak).

Konsep awal: Seperti yang tertera pada judul awal yang menerangkan tentang, baterai yang memiliki sumber energi mandiri yang dilengkapi sebuah teknologi yang sama sekali tidak membutuhkan proses pengisian apa lagi penyambungan dari berbagai sumber arus listrik konvensional seperti colokan listrik. Mereka bisa , dengan berbagai sumber yang mereka andalkan dari mekanikal , kinetik bahkan yang lebih alami lagi pemanfaatan panas tubuh , getaran dan juga pergerakan otot.

Keuntungan : Dengan teknologi ilmiah yang berkembang cukup pesat , hal ini menjadi sangat penting sehingga menjadi elemen utama dari upaya bertahap tersebut untuk menjangkau masyarakat mayoritas. ini adalah baterai bersumber tenaga mandiri yang diperlihatkan pada gambar yang memiliki sifat portabiilitas, dibuat sepraktis mungkin . Selain itu juga mempersingkat waktu meski hanya untuk isi ulang , beberapa konsep yang disebutkan diatas yang menggunakan versi perbaikan dari teknologi konvensional ,yang pada dasarnya menjadikan mereka lebih efisian apa bila dibandingkan dengan jenis reguler lainnya, atau keduanya lebih tahan lama dan berkelanjutan(wicak).

Dampak: Setidaknya dengan apa yang di paparkan diatas cukup mengurangi emisi karbon yang dihasilkan ,teknologi yang mereka pakai cukup cerdas membuat lebih hijau dengan memanfaatkan sumber energi alternatif yang benar-benar mengambil unsur alami  seperti panas tubuh , atau getaran mekanik . Pemanfaatan komponen primer tersebut cukup membuka peluang untuk mengembangkan energi terbarukan untuk masa depan (wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/11/20/beberapa-hasil-penelitian-teknologi-pengisian-baterai/

Iklan

2 Responses to “Beberapa hasil penelitian teknologi pengisian baterai”


  1. 11/21/2011 pukul 12:06

    Artikel yang menarik untuk menambah pengetahuan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: