14
Nov
11

Penyemaian awan di udara inilah sisi baik dan buruknya

cloud seeding

penyemaian awan

Sobatsepeda, Penyemaian awan yang dalam istilah ilmiah sebagai Cloud seeding dapat dipertimbangkan sebagai salah satu bagian dari pengatur cuaca (atau perekayasa cuaca) , Yang berhubungan dengan regulasi presipitasi(bisa jadi keduanya yaiu secara kwantitatif dan perubahan jenis) pada wilayah tertentu . Proses dapat dijangkau dengan pendistribusian berbagai bahan buatan seperti perak Iodida serta dry ice (frozen carbon dioxide) pada lapisan  udara yang berfungsi sebagai pengkondensasi awan atau inti es. Yang terbukti cukup efektif untuk merubah formasi mikro-fisik dan bantalan didalam awan . Sekarang tujuan biasanya adalah meningkatkan curah hujan pada mayoritas setiap wilayah yang diinginkan, akan tetapi pada skenario khusus penyemaian awan dipertimbangkan sebagai sebuah tindakan pencegahan terhadap hujan es serta datangnya kabut seperti pada sebuah landas pacu disebuah bandara(wicak) .

Sisi baik:

Pengatur cuaca:

cloud seeding

penyemaian awan

Keuntungannya sangat jelas , khususnya apabila kita perhitungkan berbagai wilayah yang secara sistematik mengalami kekeringan yang cukup membentang luas seperti yang dialamai berbagai daerah disebagian belahan dunia, seperti pada dataran gurun Sahara atau sebuah Steppa yang berada di wilayah Russia. seperti terlihat pada gambar dilakukan proses penyemaian awan , yang bertujuan secara kwantitatif menambah turunnya curah hujan pada wilayan tersebut. Sebagai sebuah system penyemaian awan dengan skala yang cukup besar  seperti yang telah dilakuakn oleh pemerintahan PRC(People’s Republic of China) , yang mereka harapkan untuk menambah curah hujan pada beberapa wilayah yang semakin gersang , termasuk ibukota Beijing , dengan cara menembakkan sebuah roket Perak Iodida ke wilayah angkasa dimana hujan diharapkan turun disana(wicak) .

Selain itu, penyemaian awan dapat secara efektif mengendalikan cuaca dengan mencegah datangnya banjir. (yang diakibatkan curah hujan yang berlebihan ) atau sekedar menciptakan iklim yang nyaman dan menguntungkan untuk berbagai moda sarana transportasi yang ada seperti pesawat terbang dan kapal laut.Seperti yang terjadi pada 11 wilayah barat Amerika serikat , serta Aleberta di Canada dan propinsi Tasmania di Australia telah mengalami modifikasi cuaca dengan proses seperti ini(wicak)  .

Bisakan ini lebih baik ?
Tentu saja , dengan pengembangan lebih jauh pada teknologi ini , yang diharapkan membuahkan hasil yang lebih baik dengan tingkat ketepatan lebih tinggi dan akurat. Dengan ruang lingkup yang semakin luas untuk teknologi pengembangan geo-engineering system yang selalu ada dan berkesinambungan.

keburukan:

Kompleksitas:

cloud seeding1

penyemaian awan melalui berbagai peralatan 

Salah satu yang paling banyak digunakan untuk penyemaian awan adalah perak Iodida. Dengan seri NFPA 704 dengan tingkat kebiruan 2 , perak Iodidda juga dapat menyebabkan kecacatan sementara atau mungkin sedikit tersisa bekas luka pada manusia ataupun mamalia pada intensitas tertentu atau berkelanjutan akan tetapi tidak terlalu kronis.
Meskipun , dalam hal ini perlu dicatat bahwa sifat beracun dari peran dan unsur perak (dari Perak Iodida) telah ditunjukkan dalam tingkat rendah (terbukti bahwa disini dampak lingkungan setra kesehatan telah di abaikan ) dalam beberapa studi yang lebih jauh(wicak).

Bisakah ini dihindari?
Waduh cukup menyolok ya?…. Dengan menurunkan tingkat intensitas dari Perak Iodida dalam proses . Selain itu , disana terdapat proses lain yang memanfaatkan ekspansi dari cairan propana kedalam gas, melalui  proses ini dapat dijangkau temperature yang lebih tinggi untuk pembentukan kristal-kristal es. Bahkan dalam beberapa proses yang memanfaatkan material higroskopik , seperti garam yang berfungsi untuk menurunkan efek bahaya yang bisa ditimbulkan(wicak) .

kejelekan :

cloud seeding2

hasil penyemaian awan

Suatu saat pasti sebuah prosedur berjalan diluar kendali, untuk berbagai macam alasan yang dimulai ditemukannya tahapan teknologi yang mulai dikembangkan kalau kita nilai hampir seperti sebuah kebodohan pada saat itu  sebagai sebuah bagian untuk mengendalikan manusia pada beberapa kasusu. Salah satunya seperti pada sebuah operasi yang dinamakan proyek awan cumulus (sebagai proyek penyemaian awan pertama kali yang dilakukan secara resmi) , yang dilakuakan oleh angkatan udara inggris atau Royal Air Force (RAF) yang merupakan sebuah perintah resmi dari pemerintahan Kerajaan Inggris, yang terjadi selama bulan agustus tanggal 4-15 pada tahun 1953. Dimana terjadi sebuah banjir yang merupakan efek langsung dari sebuah spekulasi proyek rahasia terjadi diwilayah Devon yang menewaskan 34 orang pada saat itu(wicak).

Sebuah kejadian lagi, pada skala yang lebih kecil sebuah kecelakaan yang terjadi pada juni 2008 , pada saat angkatan udara Russia dalam sebuah operasi prosedur penyemaian awan yang dilakukan diatas Moscow, terjadi sebuah kecelakaan karena jatuhnya campuran perak iodida , nitrogen cair dan bubuk semen. dimana kantong semen jatuh menimpa sebuah atap perumahan penduduk pinggiran kota , setelah gagal berubah bentuk menjadi serbuk(wicak).

Mengapa ini menjadi sangat penting ?

Tekanan pada lingkungan dan kesehatan:

Seperti geo -engineering , modifikasi cuaca yang dilakukan melalui proses penyemaian awan sebagai sebuah instrumen dari teknologi moderen adalah sangat nyata, yang tentunya bisa terjadi berbagai macam gejala cuaca yang mungkin terjadi (tergantung temperatus suhu saat itu serta jenis dan jumlah material yang dilibatkan ) , yang bisa mengakibatkan sebuah ancaman serius apa bila terjadi sebuah penanganan yang tidak efektif(wicak).

Yang perlu digaris bawahi:
Tidak diragukan lagi bahwa teknologi penyemaian awan memang sebuah metode yang relatif cerdas serta ramah lingkungan (setidaknya bila dibandingkan dengan teknologi lain seperti yang ditemukan oleh Geo-engineering Arsenal) agar alam berpihak pada kita. . Akan tetapi ketika kita mulai menjau dari teory perspektif , akan terjadi beberapa masalah lingkungan sepertti penyerapan unsur perak pada kondisi ekologi yang cukup sensitf, atau bahkan sifat tak terkendalikan dari proses itu sendiri (dalam beberapa kasus) karena itu munculah pengembangan teknologi. Maka dari itu pengembangan teknologi yang baku mutlak sangat diperlukan , dan siapa tahu teknologi penyemaian awan dapat merubah iklim pada masa seperti sekarang dan membuat padang pasir kita menjadi menjadi hijau dan subur kembali(wicak).

Hadirnya sebuah teknologi penyemaian dikarenakan iklim yang ada disekitar kita tidak lagi seramah seperti pada saat kita masih baru berada dibumi ini, dengan kerusakan alam yang semakin tidak terkontrol menjadi apa yang kita rasakan menjadi tidak senyaman dulu lagi. ada baiknya ita kembali ke alam dan mengkontribusi uap air ke atmosfer bumi kita melalui uap photosintesis berbagai tanaman yang kita tanam, sehingga tidak memerlukan teknologi tersebut yang menggunakan berbagai bahan kimia sintetis yang sama sekali tidak menjajikan sebuah keseimbangan lingkungan(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/11/14/penyemaian-awan-di-udara-inilah-sisi-baik-dan-buruknya/

Iklan

0 Responses to “Penyemaian awan di udara inilah sisi baik dan buruknya”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: