14
Okt
11

Sebuah kota ramah lingkungan yang bisa di Enkapsulasi

Sobatsepeda, masih ingat dengan lubang Siberia yang cukup terkenal itu, bekas galian tambang berlian yang telah ditinggalkan . Seperti Agan lihat , sepintas sebuah Eco-city yang dinamakan Ab Elis yang rencananya akan diaktualisasikan pada tahun 2020 yang terlihat seperti bunker pelindung dari serangan bom . Namun apapun itu , karya arsitektur ini sebenarnya merupakan salah satu perwujudan dari kecintaan pada planet ini yang dikhususkan untuk memanfaatkan lubang raksasa bekas pertambangan permata yang telah ditinggalkan oleh sebuah perusahaan penambangan yang bernama Mirni Diamond yang terletak diKota Siberia bagian timur.

Sebagai salah satu solusi yang ramah lingkungan untuk lebih mendamaikan dampak manusia terhadap alam , Lubang yang berdiameter 2 kilometer itu diisi dengan berbagai tanaman hutan , pertanian , berbagai fasilitas komunitas dan perumahan yang bisa dihuni 100.000 penduduk . Ditutupi atap transparan berbentuk Dom. Ab Elis eco city 2020 akan dilengkapi dengan sel-sel photovoltaic untuk mengumpulkan tenaga surya yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan energi kota yang indah itu(wicak)

Sebuah konsep yang cerdas, inovatif dan berwawasan lingkungan , sebuah lubang galian bekas pertambangan disulap menjadi kota yang megah, indah dan ramah lingkungan .Yang patut dicontoh oleh beberapa negara yang permukaan tanahnya telah rusak akibat pertambangan. Dan inilah yang merupakan salah satu jawaban yang mungkin bisa dijadikan acuan  untuk berbagai area pertambangan yang telah habis  sumber daya mineralnya setelah puluhan tahun digali(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/10/14/sebuah-kota-ramah-lingkungan-yang-bisa-di-enkapsulasi/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: