09
Okt
11

Masa depan yang sempurna- dengan memanfaatkan gelombang samudera yang selalu terbarukan sebagai sumber pembangkit energi

tidal turbines atu2k 37497
Baling-baling tidal  atu2k 37497
Sobatsepeda, Apa yang sedang terjadi sekarang? paradigma kita perlahan namun pasti bergeser kedepan yautu sebuah masa depan yang berkelanjutan , berdasarkan data statistik yang diungkapkan – sekitar 19 % kecukupan energi dunia dipenuhi oleh energi terbarukan. ditambahkan , pembagian energi terbarukan dibidang kelistrikan sekitar 18% , dengan 15% energi listrik global yang disumbangkan oleh pembangkit listrik tenaga air.Kali ini kami menuliskan tentang energi arus samudera yang merupakan salah satu yang masih bisa dibilang terbaru yang sangat penting yang merupakan bagian dari total spektrum dari listrik bertenaga air, sebagai sumber energi pembangkit listrik yang memiliki potensial yang cukup bahkan sangat besar – bahkan hingga 3 Terawatt pertahun dari kekuatan gelombang, dan 0,8 Terawatt dari aliran Tidal , menurut studi yang dilakukan oleh MIT pada tahun 2005 . selain itu ,energi gelombang termasuk cukup murah dengan potensial lebih besar bila dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya seperti angin,  menurut sebuah lembaga yang bernama Electric Power Research Institute (EPRI)  bila energi ini dikembangkan lebih lanjut, bisa jadi ini akan jauh lebih maju dari pada sekarang(wicak)
Trends: 1. bioWAVE yang memanfaatkan gelombang samudera sebagai pembangkit tenaga:
bps web2img assist custom

bps web2img yang memanipulasi gelombang samudera

Sebuah perusahaan Australia , yang bernama BioPower Systems telah memperkenalkan 2 teknologi untuk pembangkit tenaga yang bersih dari laut, yaitu bioWave™ dari samudera dan bioStream yang memanfaatkan arus pasang surut bahkan aliran sungai. Yang keduanya dikonstruksi dibawah permukaan air dan disambungkan pada sistim jaringan kabel lebih kecil untuk generasi energi yang bersih. Dan perusahaan itu telah mengatakan bahwa desain peralatan mereka tidak akan mengganggu jaringan kehidupan laut didalamnya(wicak)

2. Oyster Machine memanfaatkan kekuatan gelombang :

oyster

oyster

Oyster atau yang berarti Tiram adalah sebuah alat raksasa yang didesain khusus untuk memanfaatkan kekuatan gelombang samudera untuk dirubah menjadi energi listrik . yag telah dipasang pada lepas pantai Samudera Atlantik yang berada didekat pulau Orkney, Yang difungsikan sebagai Osilator didalam alat berukuran raksasa ini dipasangkan sebuah piston .  piston akan terdorong oleh gelombang samudera , yang kemudian mulai memompa air dengan tekanan yang sangat tinggi dibawah permukaan air laut melaui jaringan pipa lepas pantai. Dan Air bertekanan tinggi tadi langsung dikonversikan kedalam energi listrik dengan memanfaatkan pembangkit listrik tenaga air konvensional. Semua sistim ini cukup efektif dipasang pada kedalaman air 12 sampai 16 meter , dan posisi yang lebih menguntungkan adalah beberapa tempat sepanjang bibir pantai , semakin banyak instalasi semakin banyak energi yang bisa dihasilkan(wicak)

3. Green Ocean Energy’s yang disebut perangkat kembar atau twin devices sebagai pembangkit energi bertenaga gelombang :

ocean treader 2 hiepg 69

ocean treader 2 hiepg 69

Energi samudera yang tergolong hijau yang merupakan sumber inspirasi dari pembuat dua peralatan yang inovatif ini antara lain penapak samudera dan penapak gelombang , yang dipasang mengapun diatas permukaan air laut dan akan bergerak seiring gerakan gelombang yang  mengaktifkan perangkat yang dipasangkan pada lengan yang akan bergerak keatas dan kebawah , untuk membangkitkan listrik mellalui generator yang dipasang disana . masing-masing perangkat bisa menghasilkan daya sekitar 500 KWatt (yang dialirkan melalui kabel laut) , yang cukup memenuhi kebutuhan energi sekitar 125 rumah tangga (wicak).

4. Turbin Tidal terbesar didunia yang berada di Scotland yang baru disarankan untuk Sound of Islay :

tidal turbines atu2k 37497

Turbin Tidal  atu2k 37497

Besar namun indah itulah ungkapan yang bisa diucapkan sekarang: Pemerintahan Scotlandia telah menyetujui sebuah program yang dinamakan ScottishPower Renewables’s yang merupakan program pembangkit listrik energi terbarukan , merupakan salah satu mega proyek yang bernilai 40 juta poundsterling untuk sebuah turbin tidal raksasa, yang nantinya akan dipasang pada pantai barat Scotlandia tepatnya di Sound of Islay. Yang rencananya akan menghasilkan listrik sebesar 10 MW , tentunya instalasi ini akan mencukupi kebutuhan akan listrik sekitar 5000 kepala keluarga , yang mana merupakan angka duakali lipat kebutuhan yang ada di Sound of Islay (wicak).

5. Layang-layang bawah air:

underwate kite turbine 537x302

underwater kite turbine 537×302

Termasuk desain yang cukup unik yang diperkenalkan para desainer berkebangsaan Swedia melaui sebuah perusahaan yang bergerak dibidang energi terbarukan seperti Minesto dan terlihat agak mirip dengan pembangkit listrik tenaga angin . Konsep dari perangkat yang melayang dibawah permukaan air yang membentang sepanjang 8 sampai 14 meter , yang dilengkapi sebuah turbin pada bagian bawahnya atau lambung. Semuanya tergantung dari Lokasi dan ukuran layang-layang itu sendiri, yang masing-masing diperkirakan memiliki kapasitas antara 150 hingga 800 Kw , dan bisa diinstal pada permukaan pantai yang berkedalaman 50 sampai 300 meter(wicak).

6. WSG membangkitkan energi yang terbarukan baik siang maupun malam :

wave and solar energy generating system 1 ublhl 69

Pembangkit energi bersumber gelombang dan matahari  dengan type system 1 ublhl 69

Diperkenalkan oleh para desainer berkebangsaan korea antara lain : Seung Woo Jung, Jung Seung Woo, Kim Hyun Jun dan Kim Min Jung yang mereka konsep dengan matang dan cukup cerdas. Dinamakan WSG , atau Wave and Solar energy Generator yang mereka desain khusus sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan energi yang bersih dari efek pasang surut air laut , gelombang air laut  dan sinar matahari dapat mereka manfaatkan sepanjang hari., akan tetapi pada saat malam hari , perangkat ini hanya bisa memanfaatkan gelombang dan arus pasang surut air laut untuk membangkitkan energi(wicak).

7. Para peneliti memperkenalkan konsep Wing Waves untuk memanfaatkan naik turunnya permukaan air laut ditengah samudera:

wing wave z8rx8 69

wing wave z8rx8 69

Sebuah tim peneliti yang berasal dari Florida Institute of Technology’s College of Engineering yang telah memikirkan kekuatan gelombang melalui sebuah gerakan kepakan sayap , yang pada dasarnya – sepasang sayap yang tingginya sekitar 8 kaki terbuat dari besi dapat mengepak keatas dan kebawah , seiring permukaan air samudera yang selalu bergerak. Mekanisme kepakan sayap telah diteliti membentuk gerakan eliptikal yang merupakan gerakan gelombang 30 sampai 60 kaki dibawah permukaan air laut, yang kemudian diubah mejadi energi mekanik dan akhirnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang bersih dan terbarukan .Para peneliti memperkirakan bahwa area sekitar 1 mil persegi dibutuhkan untuk memasang sekitar 1000 unit , yang nantinya kana bisa melayani listrik lebih dari 200.000 rumah tangga(wicak)

8. SOLO-TREC:

solo trec jonhp 69

solo trec jonhp 69

SOLO-TREC, atau  Sounding Oceanographic Lagrangian Observer – Thermal RECharging adelah salah satu bentuk pemanfaatan energi arus samudera yang tidak terbatas, prinsip dasar alat ini cukup dibenamkan kedalam permukaan air laut sekitar 500 meter kedalam. yang bisa membangkitkan listrik sebesar 1.6 watt perjamnya (5760 Joule) dari  masing-masing penenggelaman, yang pada dasarnya untuk mencukupi kebutuhan listrik untuk semua perangkat yang ada didalam kapal. konsep ini hampir sama dengan pemanfaatan energi angin cuman yang dimanipulasi adalah arue bawah permukaan air , jadi prinsip yang disuguhkan adalah sama hanya berbeda media yang dimanipulasi(wicak).

Seperti yang telah kita ketahui diatas bahwa arus laut, gerakan gelombang dan semuanya yang ada dilaut dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan untuk mencukupi kebutuhan energi yang cukup bersih dengan emisi karbon Nol. Apalagi energi itu cukup tersedia sepanjang masa selalu terbarukan. permukaan laut yang ada di bumi ini sekitar 70% dari seluruh permuakan masih menunggu tantangan kita untuk mengekplorasinya, untuk melayani kecukupan energi masyarakat dunia yang jumlahnya semakin banyak mungkin suatu saat akan mencapai 6 milliar penduduk dunia dan masih akan bertambah lagi dan lagi, sementara kecukupan akan bahan bakar fosil akan semakin menipis dan menipis, mudah-mudahan dengan di bahasnya artikel tentang kekuatan gelombang dan arus gelombang memberikan sebuah inspirasi yang bermanfaat bagi para pembaca tercinta atau masyarakat negeri ini pada umumnya(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/10/09/masa-depan-yang-sempurna-dengan-memanfaatkan-gelombang-samudera-yang-selalu-terbarukan-sebagai-sumber-pembangkit-energi/

Iklan

4 Responses to “Masa depan yang sempurna- dengan memanfaatkan gelombang samudera yang selalu terbarukan sebagai sumber pembangkit energi”


  1. 1 Octavianus
    01/15/2012 pukul 19:40

    selamat malam, mas saya okki mahasiswa ilmu kelautan sangat tertarik akan hal2 ini, kiranya bisa tidak saya menemukan komunitas yang khusus concern dgn renewable energy spti ini?ini email saya mas/pa, dimohon responnya, Octavianusm@aol.com

    • 01/15/2012 pukul 23:12

      malam juga , maaf baru bisa ngebalas , kalau saya hanya pecinta renewable energi dan energi hijau , apa bila butuh informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan renewable energi boleh berkinjung kemari , akan kami berikan informasi selengkap mungkin…terima kasih

  2. 3 Budi
    03/19/2012 pukul 21:26

    apakah ada sumber2 atau referensi dari sistem2 pembangkit di atas?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: