07
Okt
11

Kekuatan angin untuk masa depan

Pembangkit energi bertenaga angin telah digunakan dalam beberapa abad terakhir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Akan tetapi setelah topik tentang ramah lingkungan sudah mulai menjadi konsen dalam topik yang lebih serius , generator listrik bertenaga angin atau kincir angin menjadi lebih terangkat yang masuk dalam daftar salah satu konsen mereka dalam konsep energi dan ramah lingkungan. Angin adalah salah satu dari dari sumber energi alami dan terbarukan untuk pembangkit listrik generasi termal. Secara ilmiah , hal ini didefinisikan sebagai konversi dari energi kinetik atau gerak kedalam kekuatan mekanik . Bagaimanapun juga , Kincir angin berukuran raksasa sangat cocok diinstalasi ditepi pantai atau pada area puncak sebuah gunung atau perbukitan. Oleh karena itu , beberapa kincir angin mikro (dengan tinggi sekitar 5 meter lebih) telah didesain dan menjadi sangat populer untuk membangkitkan energi listrik yang lumayan telah mencukupi kebutuhan. Kincir angin mikro ini sangat cocok untuk beberapa tempat yang tidak terjangkau jaringan kabel listrik , dimana jaringan listrik negara tidak bisa menjangkaunya . Semua proses penyimpananterdiri dari media penyimpanan listrik yang dihasilkan melalui media sebuah baterai atai yang sering disebut battery banks dan kemudian diubah menjadi arus bolak-balik melalui sebuah inverter menjadi arus 240 Volt Ac.

Pada saat kita sadari diman mikro turbin tidak sesuai untuk diaplikasikan  di wilayah perkotaan, yang pada dasarnya dikarenakan kebisingan suara generator konvensional dan fungsi yang sangat tidak efektif dikarenakan kecepatan rata-rata angin yang sangatlah kurang, turbin angin mikro ini menjadi sangatlah populer . turbin angin ini juga bisa difungsikan sebagai pendukung tambahan jaringan listrik negara untuk wilayah tertentu. Turbin angin mikro ini bisa dijuga dipasang pada atap dengan aman dan memiliki kapabilitas untuk menghasilkan listrik yang mencukupi konsumsi kebutuhan dasar rumah tangga. Turbin mikro ini didesain khusus sehingga lebih tidak berisik dengan getaran sangat minim dibandingkan kincir angin konvensional. Dan dibawah ini kami unggah beberapa artikel mengenai beberapa turbin angin mikro seperti Windsave 1000 dan D400 StealthGen, yag terseia dengan harga yang lumayan efektif dan ramah lingkunga tentunya (wicak)

Dan dibawah ini daftar beberapa turbin angin mikro dengan berbagai type dan ukuran :

1.Skystream 3.7– menurut yang membuatnya  Skystream digunakan untuk pemakaian Personal 

Skystream 3.7

Skystream 3.7 The Original Skystream yang merupakan Personal Wind Turbine

Skystream 3.7 adalah kincir angin mikro yang sangat sesuai untuk pemakaian di rumah maupun area bisnis.Dan fitur yag sangat menarik dari mesin pembangkit energi ni adalah , alat ini masih bisa berfungsi meskipun dilingkungan yang memiliki kekuatan angin sangat minim.Dan sangat user friendly yang bisa dengan mudah dipasang serta dikontrol dengan bantuan sebuah software seperti skyview monitoring yang bisa diinstal pada komputer dirumah anda.  Skystream 3.7 ini didesain dengan bentuk yang sangat ramping  dan modis yang dipasang pada menara monopole dengan panjang bervariasi. Dengan efisiansi sangat baik meski dipasang pada angin berkecepatan rendah(dilengkapi dengan desain bilah spesial yang berbentuk bagaikan menyapu) serta daya tahan yang sangat baik sehingga lebih awet dan mudah dioperasikan yang merupakan daya tarik khas  untuk  turbin mikro ini. Dengan jaminan pemakaian yang aman karena memiliki garansi kerusakan selama 5 tahun . Dan satu set nya bisa menghasilkan listrik dengan daya 400 KWH perbulan yang sangat direkomendasikan untuk pemakaian gedung sekolah maupun pemerintahan(wicak)

2.Bergey Excel

Excel

ExcelBergey Excel

 Bergey Excel pertama diperkenalkan pada tahun 1983 . Yang sangat populer karena hampir dipasang di seluruh belahan dunia sekitar 1800 tempat hingga hari ini. Baru-baru ini, turbin mikro ini telah membuat typr yang lebih maju dilengkapi dengan Alternator yang lebih kuat dan bilah kincir yang lebih besar untuk menaikkan tigkat effisiensi dan performance hingga 25 %. Mekanisme ini pada dasarnya didesain dengan diameter sekitar 7 meter yang diperkirakan menghasilkan listrik berdaya 10.000 Watt.  Bergey Excel yang merupakan turbin angin mikro disediakan dalam dua konfiguarsi : terhubung dengan jaringan dan pengisian baterai. Dan inilah yang membuat turbin ini mejadi sangat handal karena membutuhkan perawatan yang sangat minim dan bisa berfungsi dengan baik dengan berbagai cuaca meski buruk sekalipun. Disediakan berbagai variasi ketinggian tiang (dari 18 hingga 43 meter) serta terdapat juga type yang bengkok, Dan turbin jenis ini bisa dipesan dimanapun anda berada. Yang sangat sesuai dan disarankan untuk lokasi wisata seperti eco-tourism resort, dengan situs telekomunikasi yang lebih besar , pedesaan yang cukup besar , desa-desa yang terpencil dan beberapa tempat yang memiliki fasilitas minim. dan harga yang disediakan cukup bervariasi dari   $ 25,770 hingga $ 31,770 untuk meng upgradenya diperlukan sebuah regulator voltase atau sebuah jaringan sychronous inverter(wicak)

3.Whisper 500

Whisper 500

Whisper 500 kincir angin mikro

inilah whisper 500 yang didesain secara spesifik untuk menghadapi berbagai kondisi angin dan cuaca , baik yang kencang maupun berkecepatan tinggi . hadir dengan desain yang luar biasa , yang terdiri dari dua bilah baling-baling terbuat dari fiber glass. Dilengkapi dengan sebuah komponen yang terkenal dengan nama angle governor yang membantu  melindungi putaran kincir angin pada saat blade berputar dan diteruskan pada sebuah alternator selama menghadapi aliran angin. Sebagai akibatnya , ada yang kurang pada saat menghadapi lengkungan dengan kecepatan angin yang sangat tinggi . Disinilah fungsi sebuah Governor yang dituntut untuk menambah efektifitas sebuah kincir angin sehingga menghasilkan kinerja yang lebih halus dan meningkatkan tingkat effisiensi serta energi yang dihasilkan oleh alat ini. Bisa menghasilkan listrik sekitar 500 kilo Watt jam setiap bulannya dengan kecepatan angin rata-rata 12 mill per jam . Satu-satunya kelemahan desain ini adalah sangat tidak cocok untuk dipasang di Laut atau sekitar pantai(wicak).

4AeroVironment hasil kerja Architectural dalam sebuah kincir angin

Architectural Wind

Architectural Wind dikenal dengan  AeroVironment Architectural Wind

Turbin angin seperti ini tentunya disain sangat berbeda dengan turbin konvensional lainnya , secara spesifik pada desainnya. AeroVironment Architectural Wind di desain khusus untuk bisa memebrikan konstribusi energi yang cukup dengan cara yang mudah . Pada intinya didesain untuk gedung-gedung komersial dan juga dapat menambah keindahan arsitektural sebuah gedung bertingkat. Mikro turbin ini dapat ditempatkan pada posisi yang spesifik dari bagian gedung untuk mengambil keuntungan penuh dari kecepatan aliran angin yang melaluinya sehingga hampir menghasilkan 50 % dari maksimum energi thermal yang dihasilkan , yang nantinya bisa mencukupi kebutuhan listrik keseluruhan yang tentunya manambah daya yang didapat dari jaringan listrik negara.  Budaya bersih dan hijau dalam pembangit tenaga apalagi listrik sangat populer dan telah diadaptasi oleh kebanyakan gedung komersial serta perkantoran(wicak).

5.Southwest Windpower AIR X marine

AIR X

AIR X Southwest Windpower AIR X marine

Southwest Windpower AIR X marine diciptakan dari berbagi pertimbangan sehingga dibuat bagaikan hasil evolusi terakhir dari perkembangan sejarah kincir angin  mikro . Kincir angin AIR-X telah menduduki tigkat penjualan terbesar didunia sejauh ini .Berbagai fitur tambahan terdapat pada turbin yang bisa digolongkan dalam jajaran teknologi tingkat tinggi dan maju.Fitur tambahan yang ada seperti sebuah Micro-processor yang membantu mengatur kecepatan yang bisa meningkatkan kinerja kincir angin ini, Bnetuk body yang lebih canggih meningkatkan kapabilitas pengisian daya dan mengurangi suara kebisingan yang mungkin dihasilak perangkat ini. Kontroler yang dipasang pada bagian alat ini berfungsi untuk mejaga trek angin dengan mengendalikan fungsi dari alternator . Fungsi utama dari kurva kubik alternator untuk membangkitkan energi yang akan disimpan pada baterai. Sebuah kontroler yang cerdas membantu gerakan bilah baling-baling agar lebih sesuai dan mengurangi berbagai kemungkinan suara kepakan yang dihasilkan.

Baru-baru ini , sebuah teknologi baru yang memperkuat baling-baling dengan serat karbon telah diperkenalkan. Dan hal ini sangat berguna meningkatkan daya produksi. Tingkat kebisingan dapat diatur dengan tingkat effisiensi sistim rangkaian elektronik dari type kincir angin mikro tersebut. Contohnya pada saat angin kencang dan sangat keras maka sebuah system elektronik yang baik akan berusaha memeperlambat putara bilah kincir tersebut. Sebuah bagian dari itu , sebuah baterai spesial yang dipasang yang juga telah diperkenalkan dengan fokus utama baterai yang tahan lama atau durasi tinggi dan tidak over-Charging.Beberapa media baterai penyimpanan dengan ukuran antara 25 sampai 25000 Amphere jam atau lebih tinggi lagi dapat dengan mudah dipasang pada kincir angin jenis ini. Yang juga dilengkapi sebuah auto brake spesial yang berfungsi untuk memperlambat putaran seperti pada kincir angin AIR-X untuk menghasilkan putaran yang tidak berisik pada saat baterai telah terisis penuh dan secara langsung juga mengurangi kebisingan . Puncak segala sitim turbin yang ada dilengkapi dengan sklar on-off sebagai pengendali pilihan yang telah dipasangkan. KIncir angin ani didsain dengan hambatan yang cukup besar untuk menghadapi berbagai situasi kritis dari gerakan angin , sinar matahari dan Air dan tidak memerlukan dukungan menara tambahan(wicak).

NB: sekedar tambahan dari blooger apabila putaran angin telah menjadi sebuah sumber energi baik kinetik maupun listrik , dapat diterjemahkan dalam bentuk energi apapun yang diinginkan. sehingga pembaca sekalian tidak perlu bingung untuk memanfaatkannya untuk keperluan lain. Seperti memutar pompa air maupun minyak dilepas pantai , maupun menggerakakn dinamo untuk menghasilkan listrik , bahkan memutar pulley yang diperuntukkan sebagai penggerak perangkat mekanik lainnya sangat mendukung dan mungkin dilakukan(wicak)

 

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/10/07/kekuatan-angin-untuk-masa-depan/

Iklan

4 Responses to “Kekuatan angin untuk masa depan”


  1. 1 Harun Rasidi
    01/18/2012 pukul 16:01

    Sebenarnya banyak sekali keuntungan berkaitan dengan pemanfaatan angin sebagai energi listrik, disamping ramah lingkungan juga dapat dikembangkan secara lebih bebas….
    Saya senang membaca tulisan ini tetapi kenapa tidak dikembangkan secara bebas agar lebih berdaya guna tinggi dan tidak terjadi lagi adanya pemadaman listrik di hari yang berbahagia….
    Terimakasih tulisannya….

  2. 01/18/2012 pukul 17:23

    itulah salah satu dari tujuan kami untuk menulis artikel ini semakin banyak orang sadar akan manfaat energi terbarukan, mudah-mudahan bisa membuat sedikit perubahan yang tentunya menuju arah yang lebih baik tanpa merusak lingkungan .,..terima kasih atas dukungannya …..salam kenal dari warastra…..

  3. 3 miko
    04/08/2012 pukul 01:46

    i like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: