20
Sep
11

9 energi alternatif untuk bumi yang lebih hijau

Sobatsepeda, Berbagai negara maju telah mencapai berbagai puncak teknologi konvensional dalam memenuhi berbagai energi yang diinginkan dan hampir menyentuh ambang kejenuhan (yang mungkin dikarenakan keterbatasan sumberdaya yang telah ada serta efek polusi yang dihasilkan). Maka dari itu , berhubungan dengan uraian diatas , Blog ini menampilkan berbagai inovasi mekanik yang mudah-mudahan bisa menjadi solusi tentang energi yang lebih hijau (baik dari sektor automotif atau elektronika) yang ikut menandai perkembangan sejarah peradaban manusia selama ini dan mungkin dimasa depan. Akan tetapi kebanyakan konsep yang disuguhkan masih dalam skala kecil dan belum bisa dikembangkan secara maksimal dan seperti kita lihat jaman sekarang masih dalam taraf hasil yang mengecewakan. akan tetapi melalui blog ini mudah-mudahan semua  bisa berakhir lebih baik , yang artinya beberapa yang kami lampirkan dibawah ini dibangun dengan skala kolektif dengan berbagai pendekatan yang terbarukan serta berkesinambungan , dan menjadikannya berskala lebih besar dan lebih menguntungkan untuk mencukupi berbagai keperluan energi harian kita , sebagai kebutuhan utama baik untuk rumah tangga maupun industri.

Sejauh ini beberapa konsep yang ada telah cukup  memberikan adopsi komersial berupa sumber energi alternatif yang cukup kredibel dan bisa menopang kehidupan kita dimasa depan sebagai pengganti  bahan bakar berbahan fosil. Jadi tanpa banyak bertele-tele ,cekidot gan semuanya ada dibawah ini , yang merupakan ide yang cukup berani dan inovatif yang berupa 9 energi alternatif yang bisa kita manfaatkan bersama lebh ramah , lebiih hijau dan lebih baik untuk anak cucu kita kelak dimasa yang akan datang.

1. Kekuatan Tidal 

Tidal power

Kekuatan Tidal atau pasang surut air laut, sebuah sumber energi alternativ yang menjanjikan ,membuat bumi kita lebih hijau dan ramah

Seperti namanya, kekuatan Tidal atau pasang surut air laut dapat membangkitkan energi listrik melalui gerakan kinatik yang dihasilkan dari tinggi rendahnya gelombang air laut. Kali ini memanfaatkan pola pasang surut yang dimanipulasi menjadi gerakan  kinetik yang didapat dengan cara memanfaatkan baling-baling yang diletakkan dibawah permukaan air laut, untuk merubahnya menjadi energi listrik yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Seperti yang kita tahu hampir sebagian besar bumi kita , terdiri dari permukaan laut , yang tentunya merupakan sumber energi yang cukup berkelanjutan yang memiliki potensi sangat besar untuk mencukupi kebutuhan energi kita dalam waktu dekat(wicak) .

2. Kekuatan gelombang

Wave power

Tenaga gelombang atau tenaga ombak , yang merupakan sumber energi alternatif yang cukup menjanjikan bumikita menjadi lebih hijau.

Apabila kekuatan tidal itu memanfaatkan perangkat mekanik dibawah permukaan air laut, kali ini diperlukan perangkat yang bisa mengambang dan selalu bisa mengikuti permukaan gelombang. generator ini dipasang dengan posisi memanjang mengikuti arah gerakan gelombang (yang memang bekerja berdasarkan tinggi rendah gelombang , kecepatan gelombang , panjang gelombang serta densitas air laut itu sendiri) untuk  bisa menghasilakn energi listrik .sumber energi yang dihasilkan dapat mensuplay air untuk dunia industri sebagai instalasi desalinasi serta instalasi pembangkit tenaga listrik(wicak)

3. Solar power

Solar Power

Tenaga matahari atau energi surya, yang juga sumber energi alternatif yang cukup ramah lingkungan.

Salah satu sumber energy yang kita tahu dengan baik sangat berkelanjutan dan ramah lingkungan , energi matahari yang selama ini kita manfaatkan untuk berbagai keperluan dan hampir sepanjang jamanyang tidak pernah habis meski telah dipakai masyarakat dunia selama jutaan tahun yang lalu hingga akhir masa. untuk energi listrik yang bisa kita manfaatkan selama ini  melalui sinar matahari yang dikonversi menjadi listrik dengan mekanisme sebuah sell photovoltaic atau yang berfungsi pengumpul sinar matahari(memfokuskan balutan besar yang menyerap sinar matahari kedalam sebuah balok kecil).Menurut perkiraan saat ini , energi matahari memiliki kapasitas sekitar 43 Giga Watt diseluruh dunia(wicak).

4. Tenaga angin

Wind power

Tenaga Angin sebagai salah satu energi alternatif yang menjajikan untuk jangka waktu yang lebih panjang dan ramah lingkungan

Tenaga angin yang merupakan sumber energi alami konvensional bisa dirubah menjadi energi listrik melalui kehandalan desain mekanik sebuah kincir angin. Gerakan memutar bilah kincir angin itulah yang menentukan proses konversi tersebut , semakin kencang maka semakin tinggi Arus yang didapat (dalam kapasitas Ampere) .Sejauh ini energi angin yang terpasang telah menyumbang sebesar 194 Giga Watt dalam kapasitas(yang merupakan kapasistas terbesar darikeseluruhan sumber terbarukan), dengan menghasilkan energi sebesar 430 Tera watt , yang akan menyumbang sekitar 2,5 % kebutuhan energi seluruh dunia(wicak) .

5. Listrik tenaga air

Hydroelectricity

Tenaga air, yang merupakan energi alternatif bebas emisi dan termasuk ramah lingkungan .

Prinsip dasar dari pembangkit listrik tenaga air ini adalah memanfaatkan gerakan air yang syang selalu memiliki masa dan bergerak kebawah sehingga aliran itulah yang dimanfaatkan sebagai sumber energi ini.Dengan cara mengumpulkan air kedalam waduk maka akan menhasilkan energi potensial yang cukup besar dari air tersebut(semakin tinggi permukaan air semakin besar pula energi yang dihasilkan ), yang akan dikonversi secara mekanikal dengan memanfaatkan turbin air yang ada untuk  menghasilkan energi listrik yang lebih hijau dan ramah lingkungan .Fasilitas waduk yang digunakan kebanyakan berkapasitas besar dan biasaya berskala besar atau raksasa dalam operasional. yang dalam kenyataanya , pembangkit listrik tenaga air ini menjadi salah satu dari 3 sumber energi utama yang ada diseluruh dunia(wicak)

6. Energi Radiant atau radiasi

Radiant Energy

Energi Radiant , yangmerupakan salah satu sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan menjajikan bumi ini lebih hijau.

Sebenarnya hal ini hanyalah sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Nicolae Tesla yang kebanyakan orang masih belum fahan secara detail konsep seperti apa yang diungkapkan.Energi radian atau yang lebih kita kenal dengan Radiasi adalah sebuah energi yang muncul dari sebuah gelombang elektromagnetik. seperti kita tahu , hampir semua orang sangat alergi dengan istilah radiasi apalagi yang berhubungan dengan panca indera manusia. Pada dasarnya sebuah energi radian itu seperti pancaran sianr matahari yang kita nikmati setiap hari yang merupakan efek dari proses fusi dari sumber energi seperti nuklir, dan system ini mencakup proses pemanansan yang memanfaatkan mekanisme gelombang inframerah dari pancaran sinar matahari normal(wicak).

7. Energi Geothermal atau panas bumi

Geothermal Power

Geothermal atau yang lebih dikenal sebagai panas bumi, sebagai sumber energi alternatif yang tergolong ramah lingkungan.

Energi geothemal adalah pemanfaatan panas yang didapat dari panas bumi yang didapat dari sebuah proses pengeboran mendekati lapisan sumber panas bumi seperti lempengan tektonik yang merupakan jalur magma(hampir mencapai 600 derajat celcius) yang berada pada hampir mendekati inti bumi . yang biasanya dapat kita rasakan kehadiranya melalui gerakansebuah lempeng tektonik, seperti sumber air panas yang memancar dari bawah permukaan tanah yang merupakan bukti adanya energi vulkanik . Yang mungkin akan mengganggu kalau memang tidak dimanfaatkan karena sangat panas, akan tetapi kalau diubah menjadi energi listrik yang memanfaatkan panas yang dihasilkan akan menjadi sumber energi yang ramah dan terbarukan(wicak).

8. Energi Biomasa

Biomass

Biomasa ,salah satu energi alternatif yang juga menjajikan kebersihan dan sumberdaya berkelanjutan.

Biomasa yang terdiri dari carbon , Hidrogen dan oksigen yang seperti kita tahu yang merupakan sebuah sumber energi yang terbarukan yang berasal dari berbagai bahan organik. Baik yang bersumber dari tanaman maupun hewan bisa  diubah langsung menjadi energi  panas melalui proses pembakaran. , atau bisa juga digunakan juga sebagai bahan bakar alternatif yang melalui berbagai proses kimia terlebih dahulu. Komponen tersebut antara lain seperti kayu , tebu dan jagung yang selama ini merupakan sumber biomasa. Berdasarkan estimasi terakhir , biomasa serta limbah tanaman yang menghasilakn energi terhitung memiliki kapasitas  sekitar 65 Giga watt dalam pemakaian diseluruh dunia(wicak).

9. Compressed Natural Gas

Compressed Natural Gas

Pemanfaatan gas alam cair, yang merupakan salah satu sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar konvensional .

gas alam yang dimampatkan dalam sebuah tabung dengan istilah populernya Compressed natural Gas (CNG) yang pada dasarnya terbuat dari fosil yang juga menjajikan untuk menggantikan pemakaian bahan bakar fosil lainnya seperti bensin , solar dan LPG . Bila dibandingkan bahan bakar fosil lainnya CNG ini jauh lebih ramah lingkungan , dan biasanya dalam proses distribusinya menggunakan tabung bertekanan (yang biasanya diisi gas methane) yang dikompresi menjadi ber volume 1 % dari volume standard. Dalam harga pasaran relatif lebih murah jika dibandingkan dengan  bensin , yang pada masa ini pemakaiannya semakin meluas dinegara didunia ketiga(wicak).

Bahkan beberapa waktu yang lalu , kreator berkebangsaan Indonesia berhasil memanfaatkan pengganti gas LPG yang rawan meledak dengan bahan bakar yang berasal dari hasil fermentasi tebu dan singkong , untuk keperluan memasak sehari-hari dengan menggunakan kompor konvensional.

Untuk energi air yang selama ini memanfaatkan bendungan yang ada diIndonesia seperti kita tahu ,hutan-hutan di negeri kita telah rusak ,dan tidak lagi bisa menyimpan cadangan air yang diperlukan untuk mensuport semua bendungan yang telah ada , yang akhirnya malah digantikan dengan berbagai bahan bakar konvensional seperti solar dan batubara seperti berbagai PLTD dan PLTU Paiton . disaat negara lain merombak segala kebutuhan energinya menjadi lebih ramah lingkungan , sebaliknya negara kita malah memakai sumber energi yang lebih konsumtif yang sangat tidak ramah lingkungan , sungguh tragis(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/09/20/9-energi-alternatif-untuk-bumi-yang-lebih-hijau/

Iklan

8 Responses to “9 energi alternatif untuk bumi yang lebih hijau”


  1. 10/16/2011 pukul 21:52

    Senang mendengar kemajuan pemikiran tentang energy alternatif. Coba deh lihat di http://www.gravitypower-generator.blogspot.com , di ssana ada keterangan dan tenaga gravitasi yg sudah bisa dirubah menjadi electrik dengan daya besar.

  2. 01/14/2012 pukul 03:37

    I was a young researcher in biomass technology. And I’ve been using biomass combustion technologies in the industry in Indonesia. Our technology is very effective, very low cost, very low smoke, low power, very easy operation, very easy maintenance, and capable of producing heat up to 1400 Celsius. We need your support to campaign for this technology to the world. that we are able to produce the maximum enertgi renewable and very stable.

    for further information please contact us at:

    dananekocahyono@yahoo.com.sg
    Santosorising.blogspot.com
    0857.360.180.37

  3. 06/04/2015 pukul 22:58

    bisa minta emailnya ga gan..?
    gue lagi penelitian mengenai energi radian nih dan kekurangan referensi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: