11
Sep
11

Baterai ramah lingkungan yang berbahan buah dan sayuran

baterai berbahan kentang

Kita mungkin telah banyak  mendengar  dalam kurun waktu 20 tahun atau  30 tahun yang akan datang semua sumber energi fosil yang kita pakai sekarang ini akan habis.Mungkin dalam kurun waktu 4 sampai 6 dekade kedepan , mungkin tidak akan tersisa sedikitpun mineral yang kita hisap atau kita gali  dari perut bumi ini  baik untuk destilasi fraksional maupun berbagai proses refineri lainnya.Maka dari itu diperlukan berbagai bahan pengganti baik dari sumber energi baru baik yang terbarukan maupun tidak . Dan berbagai konferensi yang ada hanya menumpuk sejuta perdebatan tanpa akhir membahas masalah ini , akan tetapi kenyataanya mereka hanya buang-buang energi yang ada menuju kearah yang sama sekali tidak menguntungkan untuk memecahkan masalah krisis energi ini jauh dari pengharapan kita semua. (dimana seperti yang kita kenal perdebatan itu tidak pernah menyelesaikan sebuah masalah , hanya membuat masalah itu semakin hangat untuk  kemudian mencari topik yang lain yang lebih hangat sehingga satupun yang diperdebatkan tidak pernah benar-benar terselesaikan) . Intinya kita tidak bisa lagi terus menerus mengeksploitasi sumber mineral yang tidak terbarukan itu untuk jangka waktu yang lebih panjang. Yang kita perlukan adalah sebuah bahan pengganti yang bisa mengganti sumber energi konvensional yang tidak menghasilkan efek polutan untuk lingkungan yang kita cintai ini . dan dibawah ini ada beberapa sumber energi yang berbahan terbarukan yaitu dari sayur dan buah-buahan semoga menambah wawasan Agan sekalian.

Bahan bakar Ethanol 

Ethanol adalah sebuah bahan bakar yang sangat effisien yang terbuat melalui  proses fermentasi . yang merupakan hasil dari penyulingan berbagai tanaman  gula atau saripati seperti gandum, jagung , sargum , tebu dan lain-lain , yang juga dapat dihasilkan dari berbagai limbah buah dan sayur. Bahan bakar ini menghasilkan nilai oktan tinggi , dan membuat proses pembakaran berjalan lebih lambat dan bisa mengurangi efek knocking pada engine otomotif.

Biogas

Biogas sebagai contoh lain dari sebuah energi yang terbarukan yang terbuat dari limbah buah maupun sayuran. Limbah dapur yang selama ini kita hasilkan mengandung berbagai kandungan organik yang bisa diganggu secara biologikal  tanpa ogsigen untuk menghasilkan sebuah biogas . Biogas ini dapat dimanfaatkan utntuk berbagai keperluan seperti sebagai sumber tenaga powerplant  yang bisa digunakan untuk menggerakkan berbagai mesin dan motor sesuai kebutuhan .

Biodiesel

Biodiesel ini pada intinya bisa diproduksi dengan cara transestrifikasi  dari minyak nabati . Mata rantai yang panjang dari asam lemak yang ditemukan pada minyak nabati adalah sebuah kinci fungsional dari sebuah pembuatan biodiesel. pada saat minyak bereaksi dengan alkohol , biodiesel diproduksi dan dapat digunakan oleh mesin diesel standard yang ada dipasaran.

Gas Methane 

Gas Methane diproduksi dari reaksi Anaerob dari berbagai buah dan sayuran busuk . dan bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar sebuah boiler . sehingga dari limbah tumbuhan pun bisa diubah menjadi energi yang bermanfaat.

Syngas

sebuah pembakaran parsial dari biomassa (buah dan sayuran ) yang menghasilkan karbon monoksida dan hidrogen untuk menghasilkan Syngas .gas ini dapat langsung dibakar untuk proses selanjutnya atau langsung digunakan untuk dikonversi menjadi bentuk energi lain .

Penggunaan kentang sebagai baterai jam 

Jam kentang ini terdiri dari beberapa LED mungil sebagai display dan beberapa bagaian kabel . untuk mempersiapakannya , sambungkan kabel pada zink dan batangan tembagasehingga membentuk sebuah rangkaian listrik. sambuangkan kabel lainnya pada batangang tembaga tersebut. kemudian cobloskan tembaga dan zink pada sebuah kentang . dan jam akan bergerak seperti perangkat elektronik lainnya . Dan jam akan bekerja hingga buah kentang menyusut.

Baterai berbahan  lemon

Butiran Ferrite , kawat tembaga , lembaran seng ,  lembaran tembaga dan tentunya jeruk lemon yang dibutuhkan dalam pembuatan baterai ini . Jeruk lemon agak ditekan dengan menggunakan tekanan agak lembut oleh tangan sehingga menghasilkan cairan juice di dalamnya. Serta potongan tegak lurus pada bagian jeruk tersebut . sekarang elektroda waktunya dipasang pada buah tersebut dengan posisi tembaga dipasang sebelum lempengan seng dan bisa dipasang dengan susunan berulang , dan pastikan masing-masing lempengan tidak menyentuh satu sama lain . akan terjadi proses tranformasi energi dari batangan tembaga menuju batangan seng dang menghasilkan beda potensial berupa arus listrik dc. Bahan lemon ini juga bisa digantikan oleh orange . dan listrik ini bisa menghidupkan sebuah bola lampu pijar.

Baterai  berbahan buah-buahan 

Semua buah-buahan yang rasanya agak masam dan lezat dapat menghasilkan arus listrik dengan cara yang sangat mudah . Dan buah-buahan ini sangatlah ramah lingkungan , murah dan dapat digunakan kembali . bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat baterai berbahan ini antara lain : Batangan seng , batangan tembaga  dan tentunya buah itu sendiri. Masukkan batangan tembaga beserta seng kedalam buah tersebut dengan cara tidak saling bersentuhan satu sama lain . dan bisa dikonfigurasikan beberapa sel sacara bersamaan untuk menghasilkan sebuah baterai yang cukup efektif . sambungkan elektroda positif pada buah yang satu dan negatif pada buah yang lain . dengan type buah  yang sama dan tidah harus terpasang secara berurutan.

Baterai menggunakan air garam atau cuka

Dua jenis logam yang berbeda seperti tembaga dan besi dalam bentuk batangan dapat dugunakan untuk menghasilkan arus listrik melalui sebuah larutan elektrolit seperti air garam atau cairan cuka. Ujung elektroda akan menghasilkan arus listrik . dan disusun secara seri beberapa susunan yang sama untuk menghasilkan baterai yang lebih efektif.

minyak nabati

Minyak nabati dihasilkan dari hasil ektraksi dari berbagai  jenis sayuran yang juga merupakan sumber energi yang terbarukan  . sebuah minyak nabati berkwalitas rendah dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional.

begitu banyak sumber energi ramah lingkungan nabati , yang masih perlu banyak perhatian dan pengembangan . dan ini bukanlah ilmu sihir yang tidak bisa dipelajari . jadi jangan terlalu kampungan apalagi lebay  kalau melihat  buah-buahan ini bisa manyalakan salah satu perangkan elektronik anda kelak(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/09/11/baterai-ramah-lingkungan-yang-berbahan-buah-dan-sayuran/

Iklan

7 Responses to “Baterai ramah lingkungan yang berbahan buah dan sayuran”


  1. 12/20/2011 pukul 17:49

    Blh minta tau Bahan2 nya g he he he


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: