20
Des
11

Sekelumit sejarah tentang sepeda

spoiled to Draisine

Sobatsepeda, Para pelajar Amerika biasanya mendapatkan pengajaran yang sangat baik tentang sejarah permobilan . Yang dikarenakan di Amerika pada tahun 1908 , Perusahaan Ford Manufaktur telah memproduksi mobil pertama didunia yang bisa dijangkau dan sederhana. Model -T , yang berhasil membuat sejarah dan merubah cara hidup manusia pada saat itu. Akan tetapi pada dekade akhir-akhir ini , perkembangan sepeda secara subkultur mengalami perbagai perkembangan dari berbagai segi , dari spare part hingga jalanan yang dilalui baik medan halus maupun terjal dan sama sekali tidak rata .Juga dalam dunia permobilan , yang mengalami drama perkembangan cukup pesat yang hampir bisa dikatakan sebagai paduan antara ilmupengetahuan dan seni(wicak).

Jadi kalau sebuah desain mobil pertama dimulai oleh Henry Ford yang terjadi pada awal abad 20, terus kapan sepeda itu mulai dibikin ? mungkin seseorang berkebangsaan Perancis bisa menjelaskannya pada Agan sekalian, karena prototype sepeda pertama dibuat di Paris pada tahun 1819 . Seperti pada gambar diatas , yang mereka sebut sebagai Draisienne, atau sebuah Dandy horse atau Hobby Horse , dan inilah alat transportasi roda dua pertama tanpa membutuhkan tarikan kuda yang sekarang terkenal dengan sistim dua rodanya(wicak).

Dibawah ini , berbagai jenis sepeda yang ada beberapa dekade berikutnya sudah dilengkapi dengan pedal . sepeda ini populer digunakan sekitar tahun 1860(wicak).

spoiled to bone kracker

Pada dekade berikutnya , Sepeda yang terkenal dengan Roda besarnya yang didesain serta dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan . Berat sepeda juga menjadi perhatian , sehingga para desainer tetap mempertahankan ban belakang yang berdiameter kecil . Disinilah diperkenalkan jenis material baru yang berbentuk tubular (wicak).

spoiled for velocipede

Roda besar jelas memiliki berbagai kekurangan . Akan tetapi dengan berbagai kerja keras serta kecerdikan , para perancang telah menemukan sistim roda gigi atau gir yang  memungkinkan bergerak lebih lincah tanpa memerlukan kehadiran roda berdiameter besar lagi. Lebih dari satu abad kemudian , sepeda telah memasuki jaman kedewasaan .Dan kami sampaikan banyak rasa terimakasih untuk berbagai komunitas sepeda yang selalu dinamis dengan berbagai karya inovatif yang juga memacu kreatifitas sehingga semakin banyak khalayak yang semakin tertarik dan menyukai sepeda ,yang akan semakin meramaikan jalanan dengan sepeda, dengan begitu kami bisa meciptakan berbagai komponen yang bisa disukai seperti bentuk jeruji yang sangat indah , serta bentuk rims yang bermacam-macam dengan berbagai warna indah pelangi seperti masa sekarang(wicak).

sejarah perkembangan sepeda yang selalu dinamis dan inovatif

Menurut tulisan Ken McGin yang  berjudul ”The Origin of Bicycle” bahwa , pada tahun-tahun sulit itu seorang berkebangsaan Jerman berusia 34 tahun yang bernama bernama Karl Drais membuat kendaraan  sederhana beroda dua yang kemudian diberi nama draisine   Draisine yang berbahan  bahan kayu dan belum memiliki pedal. Satu-satunya cara untuk mengendarai sepeda ini adalah dengan menjejakkan kaki ke tanah agar draisine mau meluncur. Oleh karena itulah alat ini juga disebut hobby horse yang merujuk pada arti ”kuda-kudaan” karena memang tujuan dari pembuatan alat ini untuk menggantikan kerja kuda. Penemuan ini merupakan titik awal prinsip keseimbangan sepeda modern. Draisine menjadi sepeda pertama yang hak patennya didaftarkan tahun 1818. Sedikit tambahan sepeda ini adalah yang pernah kita dengar sebagai bonekracker karena kalau pada jaman dahulu sudah ada istilah meluncur di turunan, atau istilah sekarang down hill tetapi tanpa suspensi bisa dibayangkan hasil guncangannya bisa meretakkan tulang belakang(wicak)

Sejarah sepeda dalam berbagai bentuk

” yang lebih ekstrim lagi, sejarah munculnya sepeda pertama didunia diakibatkan  meletusnya gunung tambora yang berada di Dompu , di Pulau Sumbawa besar , Indonesia pada tahun 1815. Gunung yang konon meletus dengan skala 7 (terbesar) mengakibatkan 92.000 jiwa meninggal pada saat itu. Juga mengakibatkan suhu bumi belahan utara turun 0,5 derajat celcius ,  serta pada tahun itu terjadi musim dingin berkepanjangan di dataran Eropa(sepanjang tahun 1916) sehingga menimbulkan gagalan panen berbagai sumber tanaman pangan, sehingga stok bahan pangan sangat tipis hampir tidak ada, kalau tidak salah Revolusi perancis bergulir pada tahun yang sama, terjadilah kekurangan bahan pangan sehingga seseorang lebih memilih memotong kudanya dari pada  tidak bisa makan,  apa lagi memberikan  makanan pada  kuda mereka , bisa dibayangkan tenaga kerja transportasi yang ada saat itu berkurang sangat drastis. Dan mungkin hal inilah yang meng inspirasi seseorang berkebangsaan Jerman yang bernama Karl Drais untuk menciptakan sepeda pertama di dunia , boleh percaya boleh tidak …..belonging 2 u ”  (wicak)

Karya Drais ini lebih revolusioner dibanding temuan seorang Perancis bernama Comte de Sivrac tahun 1791. Sivrac membuat mesin tanpa penarik hewan yang diberi nama celerifere yang belum memiliki setir dan pedal sehingga tidak bisa berbelok dan digowes. Karl Drais memulai sejarah baru bepergian tanpa kuda ketika mengendarai sepedanya pada 12 Juni 1817 sepanjang 7,5 kilometer di jalanan Mannheim-Schwetzingen di Jerman yang merupakan jarak terjauh yang dijangkau sepeda generasi pertama(wicak).

Pierre Michaux dari Perancis pada tahun 1863 menambahkan engkol dan pedal di roda depan sehingga lahirlah velocipede, sepeda modern yang bisa dikendarai tanpa menjejakkan kaki di tanah. Michaux menjadi perintis produksi sepeda secara massal.Rintisan Drais begitu besar karena menjadi cikal bakal dari semua kendaraan di darat. Namun, kehidupan dia ternyata penuh duka dan kemiskinan akibat konflik politik dan perang.Ia tak menikmati royalti dari teknologinya dan tahun 1851, menurut www.karl-drais.de, ia meninggal tanpa duit sepeserpun . Oleh karena itu, ketika di jalan raya, hormatilah sepeda karena ia nenek moyang segala jenis kendaraan darat.

Sumber:http://sobatsepeda.wordpress.com/2011/12/20/sekelumit-sejarah-tentang-sepeda/

About these ads

0 Responses to “Sekelumit sejarah tentang sepeda”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.003 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: